Tips Sebelum Olahraga Bersepeda

Bersepeda merupakan aktivitas fisik yang hanya menggerakan otot pada saat kosentris dimana kontraksi otot yang memendek dan dilakukan dengan berulang – ulang hal ini juga dapat menyebabkan kondisi otot menyusut serta kencang yang akan menimbulkan rasa sakit serta ketidak nyamanan hingga cedera. Agar hal – hal tersebut tidak terjadi sebaiknya sangat dianjurkan untuk stretching atau peregangan sebelum bersepeda, namun sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum peregangan bersepeda.

Jangan lupa untuk istirahat yang cukup sebelum bersepeda di keesokan harinya, jangan terlalu keras pada saat latihan sehingga lupa untuk beristirahat. Tidur dan bangun secara teratur dan tepat waktu. Makanlah makanan yang berserat tinggi, bernutrisi serta kaya akan vitamin, seperti buah buahan yang dapat memberikan energi. karena mengayuh sepeda memerlukan cukup banyak tenaga, maka dari itu pilihlah makanan yang akan di konsumsi sebelum bersepeda agar tidak mudah untuk kelelahan.

Sebelum bersepeda di sarankan untuk peregangan atau stretching terlebih dahulu agar terhindar dari cedera. peregangan yang di lakukan yaitu, leg swings pemanasan pinggang dan juga otot semua sendi gerak, dengan cara mengayunkan kaki dengan multi arah secara bergantian kaki kiri dan kanan sebanyak 10 kali. Cat and dog stretch ini untuk pemanasan bagian punggung, melakukannya dengan posisi merangkak kemudian renggangkan punggung dimana posisi bahu juga perut menjaadi lebih tinggi dari perut dan ulangi sampai sekitar 1 menit. Heel to walk pemanasan untuk kaki, betis, tulang kering dan pergelangan kaki dengan cara melangkah dengan bertumpu pada tumit serta turunkan punggung dan ulangi secara bergantian kaki kanan dan kiri sebanyak 1 menit. Foam rolling pemanasan pada paha bagian belakang juga depan dan flexor pinggul, dengan cara duduk diatas alas dengan menumpuk berat badan pada sisi persendian kemudian gerakan otot perlahan secara kedepan dan kebelakang selama 1 menit.

Chest stretch pemanasan ini untuk dada, punggung dan kaki, dengan cara membungkuk sampai datar dan sejajar dengan lantai kedepan sambil berpegangan dan ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali dengan durasi 3 detik. Dynamic runners lunge dengan cara melangkahkan kaki dengan menekuk lutut 90 drajat kemudian kaki yang satu nya lagi diregangkan kebelakang sambil mengangkat kedua tangan ke atas lakukanlah sebanyak 5 kali bergantian. Butt kicks pemanasan untuk pinggul, otot paha juga kaki dengan cara melompat ringan hingga salah satu kaki menekuk kebelakang sampai mengenai bokong lakukanlah selama 1 menit. High knees simulasi dari gerakan saat bersepeda lakukanlah selama 1 menit. Shoulder reach gerakan bahu naik turun lakukanlah selama 30 detik sampai 1 menit. Terakhir active squat pemanasan persendian, punggung, paha dan betis dengan cara tahan posisi hampir jongkok, ulangi hingga 10 kali. 

Setelah pemanasan, cek dan pastikan sepeda nyaman untuk dipakai, atur lah tinggi sadel sampai nyaman, juga posisi stang pastikan tidak bengkok san sebagainya. Kemudian atur gir sepeda, jika dirasa terlalu berat saat di kayuh sebaiknya segera pindahkan gir ke posisi yang ringan yang tentunya menurut anda lebih nyaman. Apabila anda memiliki masalah pada bagian – bagian sepeda seperti sparepart atau membutuhkan hal lainnya, Wimcycle menyediakan apapun yang anda butuhkan mengenai sepeda, untuk harga dan kualitas wimcycle memang sudah terpercaya sedari dulu.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *