Rahasia Tulisan Cakar Ayam Dokter

Ketika Anda datang ke dokter untuk konsultasi dan melakukan pengobatan, pasti Anda menyadari sesuatu ketika Anda sampai ke momen dimana dokter menuliskan resep. Ketika Anda menerima resep dari dokter untuk ditebus di apotek, Anda pasti bingung ketika mencoba membaca resep tersebut. Hanya petugas apotek yang dapat menerjemahkan tulisan cakar ayam tersebut.

Ternyata dibalik tulisan cakar ayam tersebut terdapat beberapa maksud tertentu. Mari simak uraian berikut ini untuk mengetahui alasan tulisan cakar ayam tersebut.

Menghindari Pembelian Obat Keras

Obat-obatan sejenis Antialergi dan dekongestan merupakan jenis obat yang biasa diberikan oleh dokter kepada pasiennya. Ternyata obat-obatan keras pun mungkin saja diberikan oleh dokter untuk mengobati suatu penyakit tertentu. Obat-obatan keras yan dimaksud adalah obat jenis psikotropik dan narkotik. Obat ini harus dibeli dengan resep dokter dan dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Itulah salah satu alasan mengapa tulisan dokter pada resep tidak mudaj dibaca. Tulisan cakar ayam dokter pada resep agar tidak ada pasien yang dapat membaca resep tersebut dan menyalahgunakannya.

Berisi Singkatan yang Telah Disepakati

Walaupun tulisannya tidak dapat terbaca, namun ternyata singkatan dan cara penulisan pada resep telah ada aturannya dan sudah disepakati. Singkatan tersebut merupakan singkatan yang telah disepakati dalam skala internasional. Singkatan tersebut berisi pesan dan petunjuk obat dan dosis yang diberikan oleh dokter kepada pasien yang kemudian diterjemahkan oleh apoteker.

Salah satu contohnya adalah penulisan “m.f pulv No. XII S.3 dd”. Tulisan m.f berarti misce fac atau buatlah, pulv artinya pulveres atau serbuk, No. XII artinya sebanyak 12 buah, dan S.3 dd artinya diminum 3 kali sehari. Tulisan mengenai dosis tersebut biasanya tertulis pada kertas etiket yang nantinya diberikan bersama dengan obat.

Menjaga Resep Agar Tetap Rahasia

Kerahasiaan resep dijaga agar pasien tidak mengetahui jenis obat apa yang diberikan oleh dokter. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan penggunaan obat. Setiap resep yang diberikan oleh dokter memiliki dosis yang berbeda. Misalnya Obat Diare pada anak alami resep dokter antara anak satu dan lainnya akan berbeda dosisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *